Waspada Penyakit Psoriasis Bila Tak Ditangani Akan Sulit Disembuhkan




 Dokter spesialis kulit dan kelamin Skin Rachel Clinic Bandar Lampung, Natalia Wahyudi mengatakan penyakit psoriasis bila tidak segera ditangani akan meluas ke seluruh tubuh dapat menyebabkan infeksi dan jika mengenai tulang akan sulit disembuhkan.

“Penyakit ini cukup berbahaya bagi manusia, bila penangannya salah maka akan berkembang ke arah lain dan mejalar ke seluruh tubuh, kulit mengelupas sehingga dan terasa sakit,” kata Natalia ketika menjadi narasumber seminar Avene’s Breakthrough Cures Psoriasis, di Skin Rachel Clinic Bandar Lampung, Sabtu (2/9/2017), dengan bintang tamu Indadari, istri Caisar YKS.


Ia mengatakan, penyakit psoriasis terdapat beberapa jenis salah satunya adalah psoriasis vulgaris yakni ditandai oleh bercak kulit kemerahan dengan sisik di atasnya yang menyebabkan gatal dan terasa sakit.

“Psoriasis paling banyak dijumpai yakni jenis vulgaris. Penyakit ini dapat menyerang dari ujung kepala hingga ke ujung kaki. Pasien harus benar-benar ditangani dengan memberikan obat minum atau dilakukan laser,” ujarnya,

Menurut Natalia, bila penyakit psoriasis telah menyebar ditubuh lebih dari 80 persen, maka pasien harus diberikan imonusupres untuk menekan respons imun seperti mencegah penolakan transplantasi, mengatasi autoimun hemolisis rhesus pada neonates.

“Bila tubuh diberikan imonosupresan, pengobaan ini harus dipatau dan dicek secara berkala, karena obat ini dapat menimbulkan efek samping seperti fungsi hati, ginjal, depresi sumsum tulang, dan pembentukan sel darah terhambat,” kata dia.

Dikatakannya, penyakit psoriasis dapat menyerang seumua usia, dari anak anak, remaja, hingga orang dewasa. Bila sudah terkena psoriasis, diharapkan masyarakat tidak melakukan luluran, kerokan ditubuh agar tidak meluas di tempat lain.

“Bila sudah diketahui terkena psoriasis dan belum meluas, segera diberikan pelembab, asam folat, dan vitamin B, diharapakan kemerahan-kemerahan itu dapat dihilangkan. Biasanya kalau psoriasis menyerang sejak anak-anak dan sampai dewasa, akan sulit disembuhkan,” kata Natalia.

Sementara, bintang tamu seminar Avene’s Breakthrough Cures Psoriosis, Indadari menceritakan ia terkena penyakit psoriosis sejak 8 tahun lalu, dari kulit kepala, leher, dan menjalar ke seluruh tubuhnya hingga mencapai 82 persen dengan ciri-ciri kulit mengelupas, terasa panas, gatal-gatal, hingga berdarah.

Menurutnya, penyakit psoriasis tidak boleh kepanasan, kedinginan, dan tidak boleh stres, karena akan menurunkan daya tahan tubuh. Stres juga dapat meningkatkan produksi hormon kortisol yang memicu peradangan psoriasis kambuh atau semakin parah.

“Saya selama 3 minggu berada diluar negeri melakukan pengobatan psoriosis ini. Alhamdulillah, saat ini sudah 99 persen saya dinyatakan sembuh oleh dokter, sisanya satu persen tinggal bekasnya lagi saat ini,” kata dia.



Facebook Comment